Kedahsyatan Jaringan 5G


Sering mendengar istilah jaringan 5G? Ya sering kali kita mendengar jaringan 5G yang katanya teknologi tersebut akan menyaingi jaringan 4G yang selama ini kita nikmati. Jaringan 5G katanya lebih kencang dan lebih efisien. Teknologi layanan 5G ini merupakan terusan dari apa yang sudah diciptakan pada jaringan 4G LTE. Dan kabar baiknya juga jaringan 5G ini akan mulai digunakan di tahun 2018 ini.

Jaringan 5G kini sudah ditandatangani oleh organisasi yang mengatur standar seluler, yaitu 3rd Generation Partenrship Project (3GPP) di Lisbon Portugal. Ini artinya sebentar lagi para pengguna smartphone akan segera dimanjakan dalam berselancar di dunia internet dengan fasilitas yang lebih kencang tanpa mengenal jaringan lelet lagi. Setelah standar untuk 5G disepakati, pengembangan jaringan itu kemudian berada di tangan operator dan perusahaan hardware.


Spesifikasi 5G mencakup spektrum frekuensi rendah mulai dari 600 dan 700 MHz hingga spektrum tinggi 50 GHz. Jaringan ponsel mobile EE mendemonstrasikan jaringan 5G,  bahwa angka kecepatan download menunjukkan 2,8 Gbps. Pengujian itu bekerjasama dengan perusahaan telekomunikasi, Huawei.

Beberapa operator seluler telah mempersiapkan dirinya menyambut jaringan 5G. T-Mobile dan Verizon bahkan menjanjikan jaringan 5G pada 2018 dan 2019.

Menurut Menteri Komunikasi dan Informatika (Mekominfo), Pak Rudiantara, beliau ingin mendorong 5G berbasis LTE. Uji coba tersebut nantinya akan dilakukan pada ajang Asian Games. Beliau akan membuka kesempatan melakukan uji coba bersaman dengan perhelatan Asian Games 2018.

Ayo persiapkan diri Anda untuk menyambut datangnya jaringan 5G dan selamat tinggal jaringan lelet.

Layanan 5G yang sifatnya super cepat dan stabil juga akan memberi dampak revolusi teknologi tahap selanjutnya di masa mendatang. 

Daniel Newman yang merupakan seorang Digital Analist mengungkapkan ada lima hal yang akan merubah dunia karena diberlakukannya 5G, yaitu:

1. Mobil Otonom


Sejumlah perusahaan, mulai dari Honda, Volvo, hingga Google merancang mobil yang bisa berjalan tanpa sopir. Menurut Daniel, mobil otonom membutuhkan jaringan untuk bergerak secara real-time. Menggunakan layanan 4G, itu sulit diwujudkan tetapi dengan 5G hal tersebut memungkinkan mobil otonom dapat bergerak secara mulus, misalnya kendaraan jadi lebih baik karena dapat memperkirakan waktu kedatangan, menghindari kecelakaan, dan lainnya.

Faktor itu juga perlu ditunjang pemanfaatan konsep penggunaan IoT di kota tempat di mana mobil-mobil otonom bisa berjalan.

2. Robot Pembedah yang Dikendalikan dari Jarak Jauh


Keberadaan robot bukan hal yang baru tapi kalau sudah urusan untuk alat bantu tenaga medis, khususnya terkait operasi, itu merupakan sesuatu menakjubkan. Apabila robot pembedah itu menggunakan layanan 5G, dokter memungkinkan melakukan operasi dari jarak jauh.

Hal ini akan merevolusi bidang kesehatan, terutama membantu orang-orang yang tinggal ditempat terpencil.


3. Pabrik Pintar

IoT yang menggunakan jaringan generasi kelima akan menolong terciptanya pabrik modern. Teknologi 5G yang 100 kali lebih cepat dari 4G dan 10 kali lebih cepat daripada broadband akan membantu tercipta hal-hal baru, tidak hanya soal proses saja.

4. Dunia Game

Dunia game akan sangat menyambut detik-detik menjelang peluncuran 5G. Daniel menuturkan kecepatan 5G ini memungkinkan pengembangan game yang lebih real-time dan lebih dalam tanpa gangguan teknis dalam permainan.

5. Manajemen Rantai Suplai

Keuntungan lain dari kehadiran 5G adalah dapat memangkas rantai pasokan menjadi lebih efisien dari sebelumnya. Meski dipangkas, kualitas yang didapat tidak akan berkurang, begitu juga transparansi kepada pelanggan. Semua ini berkat tujuan terciptanya transformasi digital.


No comments:

Powered by Blogger.