MotoGP Seri 17 Tahun 2018: MotoGP Philip Island, Australia



Pada balapan seri ke-17, Minggu (28/10/2018) yang start dimulai pukul 12.00 WIB siang, Marquez yang memegang pole position harus kehilangan posisi terdepan di lap awal sebelum akhirnya out di lap ketujuh usai motornya bermasalah karena ditabrak Johann Zarco. Zarco sendiri out di lap sebelumnya karena terjatuh.

Vinales mengambil kesempatan ini untuk menguasai posisi terdepan sedari lap kedelapan hingga berakhirnya balapan di lap ke-27. Bagi Vinales, ini adalah kemenangan pertama musim ini sekaligus menyudahi puasa kemenangan Yamaha lebih dari setahun terakhir ini.

Jalannya Balapan

Jack Miller mengambil pimpinan balapan usai lampu hijau pertanda start menyala di tikungan keempat dari Andrea Iannone. Sementara, Marc Marquez yang meraih pole position justru turun ke posisi ketiga.

Tapi, di lap kedua, Marquez sudah mengambil alih pimpinan balapan lagi disusul Dovizioso dan Iannone. Vinales mengalami start buruk dan harus terlempar ke posisi kesembilan. Satu lap kemudian tak ada yang berubah dari susunan pebalap, dari Marquez, Dovizioso, Iannone, Jack Miller, dan Valentino Rossi.

Iannone lantas menyalip Dovizioso di lap ketiga ini untuk membuntuti Marquez di urutan terdepan. Dua lap setelahnya, Marquez dan Dovizioso saling salip-menyalip untuk memperebutkan posisi pertama. Lalu, ada Jack Miller yang masuk ke posisi ketiga disusul Johann Zarco di posisi keempat.

Insiden lantas terjadi pada tikungan pertama di lap keenam ketika Zarco yang coba menyusul malah menyeruduk bagian belakang motor Marquez dan dia pun terjatuh. Dalam tayangan ulang, Zarco terlihat mencoba menyalip Marquez yang lebih dulu "menyerang" dari sisi dalam untuk menyalipnya.

Marquez lantas sempat bertahan hingga akhir lap keenam sebelum akhirnya memutuskan mengakhiri balapan lebih cepat di lap ketujuh. Keluarnya Marquez ini coba dimanfaatkan sejumlah pebalap termasuk Vinales yang diam-diam sudah ada di barisan terdepan membuntuti Dovizioso.

Di lap kedelapan, Vinales akhirnya mampu menyalip Dovizioso di T4 untuk memimpin balapan. Setelah kehilangan posisi terdepan, Dovizioso dengan mudah disalip Rossi, Iannone, dan kemudian Alvaro Bautista.

Setelah memimpin balapan di lap kedelapan, Vinales secara perlahan mampu menjauhkan diri dari kejaran para pebalap lainnya untuk mengamankan posisi terdepan. Sementara, persaingan seru terjadi untuk perebutan posisi kedua antara Dovizioso, Rossi, Bautista, dan Iannone.

Pada lap ke-14, Vinales sudah unggul dua detik dari posisi kedua. Setelahnya sepanjang tujuh lap, posisi kedua hingga kelima dengan cepat berubah seiring aksi salip-menyalip antara beberapa pebalap.

Rossi yang berupaya naik podium malah kehilangan daya pada motornya dan kemudian melorot hingga posisi keenam di lap ke-22. Dovizioso yang coba mempertahankan posisi kedua malah disalip Iannone di lap ke-23.

Vinales makin tak terkejar di posisi terdepan dan tampaknya akan memenangi balapan ini sementara Iannonen berusaha menghindari kejaran Dovizioso. Duel seru tercipta untuk posisi kedua yang akhirnya dimenangi Iannone disusul Dovizioso, Bautista, dan Alex Rins. Valentino Rossi yang bersaing dengan Dovizioso untuk posisi runner-up harus puas finis keenam.

Hasil MotoGP Philip Island, Australia tahun 2018

Pada balapan yang dihelat di sirkuit Phillip Island, Minggu (28/10/2018) siang WIB, Marc Marquez yang memegang pole position justru harus keluar balapan lebih cepat pada lap ketujuh usai bersenggolan dengan Johann Zarco. Zarco sendiri langsung out di lap keenam usai crash itu.

Sementara, perebutan posisi terdepan usai Marquez out hanya jadi milik rider Ducati Andrea Dovizioso dan Vinales, sebelum nama terakhir menguncinya sejak lap kedelapan hingga jadi yang pertama melintasi garis finis. 

Bagi Vinales, kemenangan ini adalah yang pertama musim ini sekaligus menyudahi puasa podium teratas sejak MotoGP Belanda tahun lalu.

Tampil sebagai runner-up adalah pebalap Suzuki Andrea Iannone disusul Dovizioso di posisi ketiga.

Melengkapi posisi lima besar adalah pebalap cadangan Ducati Alvaro Bautista dan Alex Rins. Berurutan di posisi keenam hingga kesepuluh adalah Valentino Rossi, Jack Miller, Franco Morbidelli, Aleix Espargaro, dan Bradley Smith.

Berikut hasil balapan lengkap MotoGP Philip Island tahun 2018:

PosPebalapTim
1Maverick VIÑALESMovistar Yamaha MotoGP
2Andrea IANNONETeam SUZUKI ECSTAR
3Andrea DOVIZIOSODucati Team
4Alvaro BAUTISTADucati Team
5Alex RINSTeam SUZUKI ECSTAR
6Valentino ROSSIMovistar Yamaha MotoGP
7Jack MILLERAlma Pramac Racing
8Franco MORBIDELLIEG 0,0 Marc VDS
9Aleix ESPARGAROAprilia Racing Team Gresini
10Bradley SMITHRed Bull KTM Factory Racing
11Karel ABRAHAMAngel Nieto Team
12Danilo PETRUCCIAlma Pramac Racing
13Scott REDDINGAprilia Racing Team Gresini
14Takaaki NAKAGAMILCR Honda IDEMITSU
15Xavier SIMEONReale Avintia Racing
16Thomas LUTHIEG 0,0 Marc VDS
17Jordi TORRESReale Avintia Racing
18Mike JONESAngel Nieto Team
Gagal Finis
Pol ESPARGARORed Bull KTM Factory Racing
Hafizh SYAHRINMonster Yamaha Tech 3
Dani PEDROSARepsol Honda Team
Marc MARQUEZRepsol Honda Team
Johann ZARCOMonster Yamaha Tech 3


Hasil Klasmen Sementara setelah Balapan di MotoGP Philip Island, Australia tahun 2018

Tambahan 25 poin ini membuat Vinales mengumpulkan 180 poin di posisi keempat dan memanaskan persaingan menuju posisi runner-up di dua seri tersisa. Sementara, Dovizioso coba menjauhkan kejaran dari Rossi dengan tambahan 16 angka menjadi 210 poin.

Rossi yang finis keenam cuma dapat tambahan 10 angka dan total kini punya 195 poin.

Berikut hasil klasmen sementara setelah usai balapan seri ke 17 MotoGP Philip Island tahun 2018:


1. Marc Marquez 296 poin 
2. Andrea Dovizioso 210 poin 
3. Valentino Rossi 195 poin
4. Maverick Vinales 180 poin 
5. Cal Crutchlow 148 poin 
6. Danilo Petrucci 137 poin 
7. Johann Zaco 133 poin 
8. Andrea Iannone 133 poin 
9. Jorge Lorenzo 130 poin 
10. Alex Rinas 129 poin 
11. Alvaro Bautista 96 poin 
12. Dani Pedrosa 95 poin 
13. Jack Miller 83 poin 
14. Franco Morbidelli 46 poin 
15. Aleix Espargaro 39 poin
16. Tito Rabat 35 poin
17. Pol Espargaro 35 poin
18. Hafizh Syahrin 34 poin
19. Bradley Smith  29 poin
20. Takaaki Nakagami 21 poin
21. Scott Redding 15 poin
22. Karel Abraham 10 poin
23. Mika Kalilo 6 poin
24. Katsuyuki Nakasuga  2 poin
25. Xavier Simeon 1 poin
26. Michele Pirro 1 poin 

No comments:

Powered by Blogger.