Kampung Kemasan



KAMPUNG KEMASAN GRESIK

Mengutip laman Disparbud Kabupaten Gresik, Kampung Kemasan ini terletak di daerah Kemasan. Daerah ini sekitar 200 meter di Sepanjang Ny.  Ageng Arem-arem, berjarak sekitar 700 m alun-alun Kota Gresik.

Nama Kemasan ini bermula pada keberadaan seorang perajin emas bernama Bak Liong. Kualitas hasil kerajinan Bak Liong yang bagus, membuat banyak orang memesan perhiasan kepadanya. Hal itu membuat seiring waktu kampung tempat perajin emas itu tinggal disebut Kampung Kemasan yang berada di Gresik.

Bangunan di Kampung ini didominasi oleh kebudayaan Belanda dan Tiongkok. Kekhasan arsitektur kolonial Belanda dapat dilihat dari bentuk bangunannya. Gaya arsitektur ini dikenal dengan Indische Empire Style yang populer pada abad ke-19.

Kampung Kemasan merupakan salah satu warisan budaya dimana merupakan saksi sejarah ketika jaya-jayanya Kota Gresik jaman dahulu.

Selama ini perawatan rumah-rumah di Kampun Kemasan ini dilakukan secara mandiri oleh warga. Dan diharapkan pihak pemerintah segera membantu revitasilasi kampung ini supaya menjadi kawasan heritage.

Dan perlu dipikirkan setelah semua selesai  diperkenalkan kepada masyarakat umum, jangan sampai kawasan heritage ini terbengkalai dan dibiarkan begitu saja.

Mari kita jaga dan rawat warisan budaya kita.

@causeid
@uninindonesia
@kemlu_ri
@kniukemdikbud

#preserveheritage
#warisankita
#unday

No comments:

Powered by Blogger.