Elek Yo Band, Elek Yo Ben

Group Band Elek Yo Band

Di penghujung akhir tahun 2017 digemparkan dengan munculnya group band Elek Yo Band. Elek Yo Band adalah sebuah band dadakan besukan ala Para Menteri Kabinet Kerja Presiden Joko Widodo. Band ini menghibur di saat acara resepsi pernikaham putri Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno, yaitu Anisa Firdia Hanum dengan Rino Febrian  di Jogja Expo Center (JEC), Banguntapan, Bantul, Sabtu, 30 Desember 2017.

Kata 'Elek Yo Band' merupakan kata plesetan yang diambil dari bahasa jawa yaitu 'Elek Yo Ben' yang artinya jelek ya tidak apa apa. Antara tulisan Elek Yo Band dan Elek Yo Ben, secara tulisan memang beda, tetapi secara ucapan sama, mungkin ini yang dijadikan dasar nama band tersebut. Karena mereka bukanlah musisi dan sekedar menghibur maka jika ada yang komentar jelek maka mereka bilang Elek Yo Ben.

Personil Elek Yo Band terdiri dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono sebagai drumer, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf pada keyboard, serta Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi masing-masing pada gitar akustik dan vokal. Ada pula Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Keuangan Sri Mulyani, dan Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki pada vokal. Mereka dibantu Toni pada lead guitar, Agus Marsudi pada bass, dan Kris pada keyboard.

Lagu yang dinyanyikan antara lain 'Rumah Kita' milik Godbless, lagu kedua merupakan pesenan Jokowi yang berjudul 'Balikin' dari Slank. Lagu ketiga merupakan pesanan Mensesneg Pratikno selaku yang punya hajat, yakni lagu 'Ku Tak Bisa' dari Slank juga.

Gebrakan pamungkas dilancarkan lewat lagu gagah dari Iwan Fals, 'Bento'. Hanif Dhakiri tampak bersemangat sekali, berteriak dan menggenjreng gitar akustiknya. Basuki Hadimuljono bukannya tambah lemas, tapi tambah keras menggebuk drumnya di lagu keempat ini.

Dari lagu Bento ini yang membuat tertarik ketika Pak Hanif memodifikasi lirik 'Bento' diganti dengan Pak Jokowi! Aseek! Pak Mensesneg! Aseek! Ibu Menlu! Aseek! Mas Triawan! Aseek! Gue juga! Aseek!  dan penonton pun bernyanyi sahut-menyahut.

Memodifikasi lirik 'Bento' tersebut membuat kesannya antar para menteri adalah sebuah teman akrab dan bukan lagi sebagai pesaing. Dan itu yang ditunggu-tunggu rakyat, semoga kolaborasi dalam bermusik dapat diterapkan dalam pemerintahannya yang berirama, saling mengisi, saling melengkapi dan kompak dalam membangun Indonesia.

Terlepas dari ketidaksempurnaan permainan, saya rasa wajar karena mereka bukan musisi, namun secara keseluruhan, penampilan mereka cukup mengasyikkan, menghibur dan tidak jelek jelek juga. Pokoknya saya berikan apresiasi yang setinggi-tingginya buat Elek Yo Band.

Di negara mana pun mungkin belum ada suatu band yang anggotanya adalah para menteri dan itu baru ada di Indonesia dan pada masa pemerintahan Jokowi pula.

Munculnya group band Elek Yo Band bisa menjadi suatu hiburan tersendiri di tengah-tengah hiruk pikuk perpolitikan, dan malah menjadi semacam obat penurun panas bagi perpolitikan yang sedang sedikit demam.

Mari kita tunggu lagi gebrakan aksi-aksi panggung group band dari Elek Yo Band selanjutnya.







No comments:

Powered by Blogger.