Peran Kertas dalam Bisnis Online



Kertas tidak bisa lepas dari kehidupan kita sehari-hari dari jaman dahulu hingga jaman yang serba paperless ini. Sebelum ditemukannya kertas orang-orang jaman dahulu masih mengandalkan batu, tulang, dedaunan seperti lontar, kulit sapi, kambing dan domba untuk menyampaikan pesan tertulis, tetapi semua media tersebut sulit untuk disimpan dan diangkut.

Kertas merupakan kemasan fleksible pertama sekali ditemukan di Cina pada tahun 100 SM. Pada tahun 751 seorang yang bekerja pada sebuah pabrik kertas Cina di Samarkand berhasil mendapat rahasia pembuatan kertas dan dibawa ke Spanyol pada tahun 950.

Pabrik kertas pertama di Amerika berdiri tahun 1690 oleh William Rittenhause yaitu di Philadelphia. Pada saat itu proses pembuatan kertas masih lambat dan hanya dihasilkan satu lembar kertas untuk satu kali proses. Nicholas-Louis Robert dari Perancis mengembangkan proses pembuatan kertas secara kontiniu. Mesin pembuat kertas yang pertama ditemukan tahun 1799 oleh Fourdriner Brother yang mendapatkan patennya di Inggris. Mesin tipe silinder ditemukan oleh John Dickenson yang dipasang dekat Philadelphia pada tahun 1817.

Setelah  ditemukannya kertas, orang-orang jaman dahulu dimudahkan dengan adanya kertas, sehingga karya-karya mereka dapat dituangkan ke dalam kertas. Dan pada saat itu, perkembangan dunia sastra menjadi semakin berkembang pesat.

Sejalan dengan perkembangan jaman dan ilmu pengetahuan kertas tidak hanya digunakan hanya untuk menulis atau menggambar saja, kertas terus berkembang ke dunia industri, salah satunya adalah industri kemasan/packaging

Pengertian umum dari kemasan adalah suatu benda yang digunakan untuk wadah atau tempat yang dikemas dan dapat memberikan perlindungan sesuai dengan tujuannya. Adanya kemasan dapat membantu mencegah/mengurangi kerusakan, melindungi bahan yang ada di dalamnya dari pencemaran serta gangguan fisik seperti gesekan, benturan dan getaran. 

Salah satu produk industri kemasan/packaging dari jenis kertas adalah kardus atau karton. Kardus merupakan salah satu jenis kertas yang tebal, yang digunakan untuk mengepak/mengemas suatu barang/material sebelum dikirimkan atau dipasarkan ke konsumen. 

Pada abad ke-19, kertas telah menggantikan wadah dari tanah liat, gelas dan kaleng. Pada tahun 1840 ditemukan cara pembuatan kotak kertas yang memerlukan banyak lem dan penggunaannya terbatas untuk barang-barang mewah. Kekeliruan oleh pekerja pencetakan dalam membuat kantung untuk biji-bijian membuat teknik pembuatan kardus menjadi berkembang. Pada tahun 1856 diciptakan karton bergelombang (corrugated board) di Inggris, sedangkan di Amerika Serika ditemukan pertama kali oleh A.L.Jones tahun 1871.

Saat ini sedang marak-maraknya usaha toko online. Usaha toko online pasti tidak bisa terpisahkan dengan yang namanya pengemasan. Ada beberapa toko online yang memiliki jasa paket sendiri, tapi ada pula yang mengandalkan jasa paket dari pihak ketiga. Masing-masing jasa paket memiliki cara tersendiri untuk mengemas paket yang akan dikirimkan.

Sejak kehadiran internet, para pedagang telah berusaha membuat toko online dan menjual produk kepada mereka yang sering menjelajahi dunia maya (internet). Para pelanggan dapat mengunjungi toko online (online store) dengan mudah dan nyaman, mereka dapat melakukan transaksi di rumah, sambil duduk di kursi mereka yang nyaman di depan komputer.

Di jaman yang serba digital dan ditambah dengan adanya smartphone memungkinkan produk dengan mudah menerobos langsung di hadapan customer. Custometer hanya bermodalkan smartphone dan jari tangan dapat dengan mudah memilih dan membeli sesuatu sesuai keinginannya. Disamping itu, semakin banyaknya layanan toko online menjadi semakin banyak pilihan baik dari jenis barang maupun variasi harga dari yang paling murah sampai yang paling mahal tersaji di depan mata. Saat ini toko online yang sedang populer di internet antara lain: Toko Pedia, Toko Bagus, Shopee, Berniaga, Bukalapak, Zalora, Lazada, Kaskus dan lain-lain. Barang yang dijual di toko online juga beragam dari obat sampai komputer dari yang murah sampai yang mahal walaupun sebenarnya bisnis online tidak hanya toko online saja masih ada bisnis online lainnya misalnya periklanan, Paid review, Jasa Penulisan Artikel, Jasa pembuatan website, Jasa SEO, jualan E-Book dan lain-lain.

Selain itu, perkembangan media sosial yang sangat pesat membuat media sosial juga dijadikan alat pemasaran untuk menjaring pembeli. Perkembangan gadget yang amat pesat ini juga memicu perubahan gaya hidup atau lifestyle di kalangan masyarakat. Salah satunya dalam hal berbelanja. Kalau dahulu masyarakat lebih suka berbelanja di dunia nyata maka, sekarang masyarakat lebih menyukai hal yang praktis dan modern dengan memanfaatkan toko online baik lokal maupun internasional.


Dengan semakin menjamurnya bisnis online dan perubahan gaya hidup tersebut, jasa pengiriman barang menjadi sangat dibutuhkan, karena tidak semua barang bisa dikirim oleh pelaku bisnis itu sendiri. Untuk jarak dekat, masih satu wilayah kota, satu daerah provinsi maupun satu pulau mungkin masih bisa dikirimkan sendiri. Tapi, apabila daerahnya harus melewati lautan, berbeda pulau bahkan berbeda Negara, maka harus mengandalkan perusahaan jasa pengiriman.
  
Sebelum dilakukan pengiriman barang para penjual diapstikan harus mengemas barang yang akan dijual supaya barang dagangannya ketika sampai ke konsumen masih dalam keadaan baik dan sesuai harapan konsumen.


Berikut adalah daftar beberapa jenis bahan dari jenis kertas yang pada umumnya digunakan untuk mengemas paket kiriman. Bahkan beberapa diantaranya bukan hanya sebagai pelindung barang, tapi juga berfungsi untuk menambah nilai estetika.

Kardus

Dalam pengiriman barang dari penjual ke pembeli sangat dibutuhkan suatu pembungkus atau bahan pengemas salah satunya adalah kardus/karton. Selama ini kardus masih merupakan bahan pengemas unggulan untuk mengemas paketan, walaupun masih membutuhkan tambahan untuk memperkuat seperti dengan menggunakan kayu.

Kardus atau boks karton merupakan material yang terbuat dari bahan kertas berupa corrugated sheet atau corrugated paperboard. Biasanya kardus dipakai sebagai pengemas tambahan untuk barang yang tidak mudah rusak seperti sepatu, aksesoris, tas, dan pernak-pernik jika terjatuh, tertumpuk, atau terbentur dengan benda lain. Kardus berfungsi untuk menahan tekanan dari luar. Yang bergantung dari banyaknya lapisan flute dan liner-nya.


Gambar Kardus

Amplop


Pada umumnya amplop dipakai untuk mengemas paket kiriman seperti dokumen dan surat-surat. Amplop berguna untuk menjaga kerahasian isi dokumen atau surat di dalamnya. Tidak hanya itu saja, kegunaan amplop bisa juga dijadikan untuk mengemas kain, handuk, atau buku.


Gambar Amplop

Sampul dan Kertas Kado


Sementara sampul atau kertas kado tidak hanya dijadikan untuk membungkus buku atau majalah saja, tapi bisa juga digunakan untuk membungkus kembali kemasan kardus supaya terlihat lebih rapi



Gambar Sampul dan Kertas Kado untuk Membungkus Paketan


 
Keunggulan  dari kemasan kertas/karton lebih ramah lingkungan dan lebih ekonomis dibandingkan kemasan plastik, walaupun bahan baku kertas yang menggunakan kayu dapat menimbulkan masalah penebangan pohon yang berlebihan. Namun dengan adanya sertifikasi bahan baku kayu dan control yang ketat, kemasan kertas/karton tetap akan menjadi pilihan terbaik untuk menggantikan kemasan plastik.

Kemasan kertas/kardus dikatakan ramah lingkungan dikarenakan bahan kertas dapat didaur ulang secara mudah dan juga cepat terurai bila sudah menjadi limbah. Selain itu kemasan kertas/karton bersifat kaku dan solid, sehingga cocok untuk kemasan boks atau produk dengan variasi atau desain yang unik.

Kelemahan kemasan kertas/kardus untuk mengemas barang atau paketan adalah sifanya yang sensitif terhadap air dan mudah dipengaruhi oleh kelembaban udara lingkungan, sehingga karena materialnya dibuat dari serat alam, maka mudah sobek atau rusak.

Kebutuhan kertas/kardus akan terus tumbuh sejajar dengan pertumbuhan bisnis online tersebut. Konsumsi karton di Indonesia selama lima tahun antara tahun 2009-2013 tercatat cenderung meningkat (1,4 – 1,6 juta ton) (BPS, 2013). Di tahun 2017 kemungkinan besar sudah lebih besar dari jumlah tersebut. Ini artinya bahwa kertas/karton/kardus akan terus dibutuhkan dan tidak tergilas oleh jaman yang serba digital ini.






No comments:

Powered by Blogger.