Peran Penting Rockwool dalam Hidroponik


Roockwool digunakan sebagai media tanam hidroponik yang mampu menyerap banyak pupuk cair sekaligus udara yang membantu pertumbuhan akar dalam penyerapan unsur hara, mulai dari tahap persemaian sampai pada fase produksi.

Rockwool memang sangat penting bagi kita untuk bisa berhidroponik dengan baik dan benar. Karena, hampir semua jenis tanaman hidroponik yang kita tanam akan membutuhkan rockwool untuk menopang pertumbuhan tanaman hidroponik tersebut.    

Rockwool terbuat dari bebatuan, umumnya kombinasi dari batuan basalt, batu kapur, dan batu bara yang dipanaskan mencapai suhu 1.600 derajat Celcius sehingga meleleh menjadi seperti lava, dalam keadaan mencair ini, batuan tersebut disentrifugal membentuk serat-serat. Setelah dingin, kumpulan serat ini dipotong dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan.

Oleh  karena itu, jika anda ingin usaha belajar hidroponik anda berjalan dengan mulus, maka jangan lewatkan untuk membeli rocwool ketika menyiapkan perlangkapan hidroponik. Apalagi bagi anda yang sudah bertanam tanaman hidroponik dalam jumlah yang banyak, maka kebutuhan akan rockwool ini sudah tidak bisa dielakkan lagi. Demi mendapatkan hasil tanaman yang baik, maka anda tahu betapa pentingnya rockwool untuk berhidroponik.


Berikut setidaknya ada 3 (tiga) hal yang menjadi alasan mengapa rockwool itu penting dan dibutuhkan ketika kita mulai bertanam hidroponik.

SEBAGAI MEDIA TANAM PENGGANTI TANAH

Ketika anda bertanam dengan sistem hidroponik, maka anda sudah tidak lagi memebutuhkan tanah. sebagai gantinya, anda membutukan rockwool. Oleh karena itu, anda harus menyiapkan rockwool sebagai pengganti tanah ketika hendak bertanam secara hidroponik. Dengan menggunakan rockwool untuk bertanam hidroponik, anda tidak perlu lagi berurusan dengan tanah yang becek ataupun tanah yang banyak cacingnya. Tetapi, anda juga tidak bisa menemukan rockwool ini kecuali dengan membeli di toko pertanian terdekat atau juga bisa secara online.

SEBAGAI PENYIMPAN SEMENTARA NUTRISI HIDROPONIK

Petumbuhan tanaman hidroponik kuncinya adalah pada larutan nutrisi yang diperoleh tanaman tersebut. Dan kebetulan, tanaman hanya bisa mendapatkan nutrisi yang cukup apabila disalurkan melalui rockwool. Sehingga, rockwool berfungsi sebagai penghantar nutrisi hidroponik yang baik bagi tanaman. Hal ini dikarenakan rockwool memiliki lapisan yang cocok untuk menyimpan larutan nutrisi hidroponik cair. Kalau anda sudah menyiapkan rockwool dengan baik, maka anda tidak perlu lagi khawatir dengan pertumbuhan tanaman anda.

SEBAGAI TEMPAT BERTUMBUHNYA AKAR TANAMAN HIDROPONIK

Selain membutuhkan nutrisi hidroponik yang cukup, tanaman juga membutuhkan tempat tumbuh yang cukup dan memadai. Rockwool ini lah yang menjadi solusi bagi pertumbuhan tanaman dalam rangka tumbuh menjadi lebih besar, terutama organ penting mereka yang bernama akar. Akar tanaman bisa tumbuh apabila ditanam di tanah, tetapi karena kita menggunakan sistem hidroponik, maka kita cukup menggunakan rockwool agar bisa menumbuhkan akar tanaman dengan baik.

No comments:

Powered by Blogger.