Keindahan Pantai Sembilan Bukan Sekedar Hayalan


Hallo Gengs, masih pengin jalan-jalan lagi ke pantai berpasir putih yang indah dan instragamble? Ayok kita simak hasil perjalanan ku dan temen-temen ku ke Pantai Sembilan.


Dibalik sebagai wilayah penghasil garam, Pulau Madura memiliki destinasi wisata yang tak kalah indah. Salah satunya adalah Pantai Sembilan di Desa Bringsang, Pulau Gili Genting dan masih masuk dalam wilayah Kabupaten Sumenep. 

Pulau di sebelah tenggara Pulau Madura ini menyimpan berjuta-juta keindahan yang sangat memanjakan mata dan tidak hanya sekedar hayalan belaka. Di samping pasirnya yang putih, bersih,  deburan ombak, angin yang bertiup pelan, pemandangan sunrise dan sunsetnya sangat memukau karena di Pantai Sembilan ini kita dapat menikmatinya tanpa susah payah. Selain itu, berbagai properti pantai menghiasi sepanjang pantai sehingga sangat cocok bagi yang hobi berfoto dan pemandangannya sangat instragamable abis deh...


Apa itu Pantai Sembilan


Pada mulanya pantai ini dinamakan Pantai Bringsang, namun karena pantai ini menyerupai bentuk angka sembilan jika dilihat dari foto udara, maka pantai tersebut lebih populer dengan sebutan Pantai Sembilan. Sebenarnya penduduk setempat menyebut pantai ini dengan sebutan Pantai Putih, karena didasarkan pada pasirnya yang berwarna putih dan bersih.

Dulunya, Pantai Sembilan merupakan sebuah pelabuhan kecil tempat bersandar perahu-perahu penyeberangan yang menghubungkan antara Pulau Gili Genting dengan pulau yang ada di seberangnya.


Namun kini, Pantai Sembilan yang dulunya dijadikan tempat bersandar bagi perahu-perahu nelayan telah berubah drastis menjadi objek wisata baru nan elok yang layak dikunjungi dari wisatawan dari mana saja.


Menurut Bapak Kepala Desa Bringsang, Kec. Gili Genting M. Sutlan, SE. Pantai Sembilan mulai dirombak di tahun 2016 dan dipromosikan ke khalayak umum selama tahun 2017. Dan berkat tangan dingin beliau sekarang pantai berpasir putih dan elok ini menjadi terkenal dan menjadi salah satu tempat wisata yang recommended bagi wisatawan.



Pantai Sembilan dilihat dari udara

Cara Menuju Pantai Sembilan

Untuk memulai rutenya saya awali dari Surabaya ya Gengs.

Cara menuju Pantai Sembilan menggunakan bus atau mobil:

Dari Surabaya lewat Suramadu (jangan lupa bawa kartu tol, karena saat masuk pintu tol Suramadu bayarnya pakai kartu tol, bukan cash lagi) terus ke timur menuju Bangkalan - Sampang - Pamekasan - Desa Saronggi (Sumenep) - di Pertigaan Saronggi belok kanan menuju arah Pelabuh Tanjung.  Di sini bus/mobil bisa dititipkan di rumah penduduk, biaya penitipan mobil sebesar Rp 20.000/hari atau persekali penitipan. Untuk menuju Pantai Sembilan kita harus naik perahu motor. Biaya naik perahu per orang sebesar Rp 10.000. Kemudian kurang lebih 30 menit sampai 45 menit perahu tersebut akan mengantarkan kita ke Pelabuhan Bringsang. Dari Pelabuhan Bringsang belok kiri dan perjalanan bisa dilanjutkan ke Pantai Sembilan dengan naik ojek atau berjalan kaki bila wisatawan ingin menikmati suasana keindahan pantai. Dengan jalan kaki sekitar kurang lebih 10 menit.

Cara menuju Pantai Sembilan menggunakan sepeda motor:

Dari Surabaya lewat Suramadu (untuk sepeda motor gratis) terus ke timur menuju Bangkalan - Sampang - Pamekasan - Desa Saronggi (Sumenep) - di Pertigaan Saronggi belok kanan menuju arah Pelabuh Tanjung.  Di sini sepeda motor bisa dititipkan di rumah penduduk, biaya penitipan sepeda sebesar Rp 5000/hari atau persekali penitipan. Kalau ingin dibawa naik perahu juga bisa. Untuk menuju Pantai Sembilan kita harus naik perahu motor. Biaya naik perahu per orang Rp 10.000 jika dengan sepeda motor tambah Rp 10.000., jadi total Rp 20.000. Selama kurang lebih 30 menit sampai 45 menit perahu tersebut akan mengantarkan kita ke Pelabuhan Bringsang. Dari Pelabuhan Bringsang belok kiri dan perjalanan bisa dilanjutkan ke Pantai Sembilan. Dari Pelabuhan Bringsang juga bisa naik ojek untuk menuju ke Pantai Sembilan.
Tiket naik perahu motor menuju Pantai Sembilan


Pelabuhan Bringsang


Biaya Masuk Pantai Sembilan

Biaya masuk Pantai Sembilan sangat murah hanya Rp 10.000 per pengunjung. Begitu masuk pintu gerbang Pantai Sembilan, mata langsung disuguhi pemandangan yang indah tiada tara.

Fasilitas di Pantai Sembilan

Fasilitas yang disediakan di Pantai Sembilan sudah lumayan lengkap, antara lain:


  • Tempat penginapan yang berupa rumah panggung dengan desain yang unik dan cantik yang terdapat di sepanjang bibir pantai dan disewakan dari harga Rp 500.000 hingga 700.000 per hari. Dari depan penginapan kita bisa langsung menikmati pemandangan pantai dan laut.
Penginapan tempat kami menginap
Perlu diketahui bahwa listrik di penginapan ini bersumber dari solar cell atau tenaga surya semua lho Gengs.
Jangan khawatir di masing-masing penginapan ini sudah pakai AC, jadi di dalam penginapan tetap sejuk dan makin asik menikmati pantai.

Rumah panggung di sisi lain
  • Mushola lumayan besar di sebelah kanan pintu masuk.
  • Toilet ada 10 di sebelah kanan mushola dan 4 di antara deretan rumah panggung nomor 7 dan 8.
  • Warung makan dan toko kelontong di sebelah kiri dan kanan pintu masuk. Kalau malas keluar cari makan bisa pesen makanan lewat petugas wisata di sini. 
  • Wahana permainan lainnya seperti Banana Boat dan Balon Donat.

Untuk pemesanan penginapan bisa jauh-jauh hari sebelum pemberangkatan dan bisa langsung menghubungi Bapak Kepala Desa Bringsang, Kec. Gili Genting, yaitu Bapak M. Sutlan, SE. HP: 0813 3199 1319, atau langsung pesan di lokasi.
Berpeci putih Bapak Sutlan, Kades Bringsang

Keindahan Pantai Sembilan

Ngomong keindahan Pantai Sembilan tiada habis-habisnya. Berikut pemandangan suasana Pantai Sembilan dari pagi hingga senja.

1. Sunrise




2. Selamat datang Pantai Sembilan




3. Main ayunan



4. Ranjang



5. Tulisan Pantai Sembilan




6. Payung pantai




7. Joglo



8. Kursi pantai



9. Kutunggu cintamu di pantai 9



10. Sunset


Bagus kan Gengs!!!!.....
Ayo buruan ke Pantai Sembilan. Ajak temen-temenmu, sahabatmu, keluargamu, temen kerjamu dan calonmu yang sudah syah....
Selamat berwisata. Semoga puas.

Terima kasih Tuhan,
Terima kasih Kepala Desa Bringsang
Terima kasih pengelola Pantai Sembilan,
Terima kasih pemerintah Sumenep, Madura, Jawa Timur,
Dan Terima kasih Pantai Sembilan.

Untuk lebih jelasnya pemandangan di Pantai Sembilan bisa dilihat di video di bawah ini.


No comments:

Powered by Blogger.