Menanti MotoGP Indonesia 2021



Tampaknya harapan masyarakat Indonesia untuk memiliki sirkuit MotoGP akan segera direalisasikan. Menurut Direktur Utama PT Pengembangan Pariwisata Indonesia, Abdulbar M Mansoer bahwa telah  ditandatangani kontrak bersama Dorna selaku promotor kejuaraan MotoGP. Kontrak tersebut berdurasi tiga tahun. Usut punya usut ketanya Indonesia akan menjadi tuan rumah di tahun 2021.

Sirkuit  yang akan dibangun bukan sirkuit tertutup, tapi berupa Street Race Circuit seperti di Singapura dan Monaco. Indonesia menjadi venue ke-21, rangkaian balap MotoGP dalam setahun, dan satu-satunya yang berkonsep Street Race Circuit. Sebelumnya, Indonesia berkompetisi dengan calon penyelenggara dari Brasil, tapi yang terpilih Indonesia.

Rencananya sirkuit akan dibangun di Mandalika, Nusa Tenggara Barat. Dan sudah mendapatkan dukungan penuh dari Kementrian Olah Raga, dan Kementrian Pariwisata. Di samping itu sudah ada pihak investor yang telah mempersiapkan dana untuk pembangunan sirkuit selama 1 tahun kedepan.


Untuk pembangunan sirkuit, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) bekerja sama dengan perusahaan asal Prancis Vinci Construction Grands Projects (VCGP) untuk pemanfaatan dan pembangunan lahan seluas 131 ha di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Mandalika.

VCGP adalah anak usaha Vinci, sebuah perusahaan berskala global asal Prancis yang bergerak di bidang desain, pembiayaan, pembangunan dan operasional proyek-proyek infrastruktur dan fasilitas besar di seluruh dunia.

Pembangunan sirkuit ini membutuhkan dana sekitar 40-50 juta dolar [sekitar Rp562-702 miliar]. Sirkuit ini memiliki panjang 4,32 kilometer dengan 18 tikungan. Setelah sirkuit selesai dibangun, akan ada rangkaian trial run oleh Dorna atau event lain untuk uji coba sirkuit.

Semoga dengan penyelenggaraan MotoGP, dapat mempercepat pemulihan Lombok yang sempat tertimpa bencana gempa dan penurunan jumlah wisatawan.


Jadinya sudah tidak sabar rasanya untuk bisa menyaksikan balapan di tanah air kita sendiri. 

Kita tunggu kabar baiknya selanjutnya.

Berikut 7 fakta terkait sikuit Mandalika:




1. Lokasi Sirkuit

Sirkuit ini berada di Mandalika, yakni kawasan wisata seluas 1.035 hektar yang berlokasi di Kabupaten Lombok Tengah, NTB. 

Sejak 2017, Mandalika sudah diresmikan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) pariwisata yang diharapkan dapat menjadi tempat liburan yang cukup representatif di Lombok karena dilengkapi beberapa hotel dan beragam fasilitas rekreasi. Mandalika antara lain memiliki 7 spot wisata alam yang mempesona.

2. Pengembangan Sirkuit

Pembangunan Sirkuit Mandalika dilakukan oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) dan anak perusahaan konstruksi global dari Prancis, Vinci Construction Grands Projets (VCGP). 

3. Waktu Pembangunan

Direktur Konstruksi dan Operasional ITDC Ngurah Wirawan menyatakan pembangunan badan jalan akan mulai Oktober 2019. Pembangunan badan jalan diperkirakan memakan waktu 6-9 bulan dan selesai pada semester-II Tahun 2020. 

Ada beberapa terowongan yang harus dibuat. Kemudian di akhir tahun2020 uji kelayakan. Setelah itu akan diputuskan ikut race Maret atau Oktober 2021.

4. Biaya Pembangunan

Pembangunan infrastruktur di KEK Mandalika, termasuk untuk sirkuit jalan raya, membutuhkan investasi sebesar Rp 4,54 triliun.

5. Spesifikasi Sirkuit

Sirkuit Mandalika akan berbentuk sirkuit jalan raya sepanjang 4,32 kilometer dengan 18 tikungan. Sirkuit ini akan dibangun di atas lahan seluas 160 hektare.

6. Alasan di Mandalika

Daerah tersebut dipilih untuk pembangunan sirkuit kelas dunia karena menawarkan panorama indah sebuah lagun, sebuah solar cell farm, sebuah lapangan golf, area komersil dan perkotaan, serta Samudera Hindia. Saat kejuaraan MotoGP digelar, diproyeksikan akan menarik kunjungan wisatawan 100 ribu - 150 ribu orang per hari. 


7. Sarana Penunjang Sirkuit

Sarana penunjang area paddock akan memiliki 40 garasi untuk operasional tim balap. Sedangkan kapasitas grand stand mencapai 93.200 tempat duduk. Itu belum termasuk 138.700 area tanpa tempat duduk dan hospitality suites yang mampu menampung 7.700 penonton.


Kabar terakhir

Kabar paling mutakhir promotor ajang balap motor bergengsi dunia, Dorna, resmi mengumumkan bahwa Indonesia akan menggelar MotoGP di 2021. Selain itu, Indonesia juga akan menjadi tuan rumah kejuaraan World Superbike (WSBK).

Dorna dan ITDC (Indonesia Tourism Development) telah menjalin kesepakatan untuk menggelar dua kejuaraan balap motor bergengsi itu di Madrid, Spanyol pada 28 Januari 2019. 

Penandatanganan dilakukan oleh CEO Dorna Carmelo Ezpeleta dan CEO ITDC Abdulbar M. Mansoer, yang turut disaksikan Dubes Indonesia untuk Spanyol Drs. Hermono.

Alhamdulillah..... Penantian yang akan segera jadi kenyataan. MotoGP dan WSBK gogogogogogogo....!!!!!!!!!!!!!

#motogp
#motogp2019 
#motogp2021 
#IndonesianGP 
#IndonesianGP2021
#WSBK
#WSBK2021
#IndonesianWSBK2021


No comments:

Powered by Blogger.