Pesona Danau Toba & Pulau Samosir serta Tarian Mistis Si Gale-gale




Akhirnya kesampaian juga merasakan dan menikmati keindahan Danau Toba dan Pulau Samosir di Sumatera Utara ini. Saat kecil dulu melihat Danau Toba hanya bisa melihat di  uang kertas 1000 rupiah tahun cetak 1992 - 2000.

Danau Toba merupakan sebuah danau alam besar tekto-vulkanik yang menempati kaldera dari sebuah supervulkan. Danau Toba terletak di pegunungan Bukit Barisan, Sumatera Utara. Luasnya 1.145 kilometer persegi yang menjadikannya danau terluas se-Asia Tenggara dan luasnya lebih besar dari Singapura.


Danau Toba juga menjadi danau terluas di dunia yang terbentuk dari erupsi gunung berapi, dan masuk dalam daftar Guinness World Records.


Latar belakang Danau Toba terbentuk karena letusan gunung berapi yang memuntahkan 2.800 km kubik material letusan, sehingga membuat kawah yang lambat laun dipenuhi air menjadi danau.

Pemandangan dari tepi Danau Toba sangat indah sekali, air danau yang jernih dan dibingkai bukit barisan yang seakan-akan saling terhubung membuat keindahan danau toba tambah sempurna.  Waowww luar biasa puji syukur kepada-Mu, lukisan Tuhan terindah dapat kusaksikan kali ini.



Gambar Pemandangan Danau Toba


Di tengah Danau Toba terdapat pulau bernama Samosir. Pulau tersebut sekiranya mendekati luas dari negara Singapura dan memiliki beberapa desa dengan wisata alam luar biasa, seperti pegunungan dan air terjun. 

Di Pulau Samosir kita bisa menyaksikan atraksi si gale-gale, yaitu boneka kayu yang dibuat untuk membahagiakan Raja Rahat, raja dari salah satu kerajaan di Pulau Samosir. Masyarakat Batak menyebut patung tersebut sebagai Sigale-gale, yang diambil dari nama Manggale. Selain menyaksikan atraksi si gale-gale kita juga bisa ikut menari di depan sigale-gale dengan diiringi musik mistik khas Tomok Pulau Samosir dan dihimbau untuk memberi uang saweran dengan menaruhnya di tangan si gale-gale.


Gambar Atraksi tarian Si Gale-gale

Danau Toba, Pulau Samosir dan Tarian Si Gale-gale tambah terkenal ketika Presiden Jokowidodo mengunjunginya.

Gambar Kunjungan Presiden Jokowi ke Tomok Pulau Samosir.




Gambar Acara Rekreasi Saya ke Tomok Pulau Samosir

Untuk menuju Pulau Samosir kita bisa melalui 2 cara, yaitu:

  • Menggunakan kapal feri, bisa beli tiket atau menyewa kapal feri dan turun di Pelabuhan wisata Tomok.
  • Naik mobil melewati Pangurungan dan tidak melalui kota Parapat, melainkan rutenya dari Medan – Kabanjahe – Dairi – Pangururan – Tomok (Pulau Samosir), karena sebenarnya Pulau Samosir tidak putus daratan dengan pulau Sumatera, melainkan ada jembatan penghubungnya juga di Pangururan.
Ketika saya ke Pulau Samosir adalah bersama rombongan, maka lebih efektif jika menyewa kapal feri. Saat itu tahun 2012, sewa kapal feri pulang pergi sekitar Rp 700 ribu. Sedangkan bila naik kapal feri umum tiketnya sekitar Rp 8000 sekali jalan. 

Ketika naik kapal feri para penumpang akan dibawa ke Batu Gantung sebelum ke Tomok Pulau Samosir. Di dalam perjalanan naik kapal feri kita akan dimanjakan dengan pemandangan hotel-hotel bercorak suku batak yang indah dan berderet di sepanjang tepi Pulau Samosir.

Gambar Pemandangan hotel yang tertata rapi dalam perjalanan menuju Pulau Samosir

Setelah menempuh perjalanan sekitar 40 menit, tibalah di Pelabuhan Wisata Tomok, dan senang sekali kali ini baru pertama menginjakkan kaki ku di Pulau Samosir.



Gambar Pelabuhan Wisata Tomok Pulau Samosir



Perlu diketahui saat liburan natal dan tahun baru para wisatawan banyak yang berlibur ke Pulau Samosir, maka dari itu jika tidak pesan hotel jauh-jauh hari, akan kecil kemingkinan untuk mendapatkan hotel.



Demikian sekilas Danau Toba, Pulau Samosir dan tarian mistik Si Gale-gale, semoga bermnfaat.




No comments:

Powered by Blogger.